Tuesday, June 4, 2013

Informasi Sekolah Tinggi Ilmu Kereta Api



Sejarah

Pada awalnya di indonesia tidak ada sekolah khusus untuk bidang kereta api, mulailah muncul ide dari menteri perhubungan yang pada saat itu adalah Jusman Syafii Djamal bersama direktur utama PT.Kereta Api Indonesia, Ignasius Jonan. Mereka sepakat mendirikan sebuah lembaga pendidikan di kota Madiun guna memperkecil angka masalah perkerataapian yang sering terjadi di Indonesia, yang terdiri dari kalangan lulusan SMAK dan SMA, alasannya dibangun di kota madiun yaitu karena dekat dengan Industri Kereta Api sehingga para mahasiswa tidak dibuat sibuk melalukan pemebelajarannya. Pembangunan di setujui oleh walikota madiun Bambang Irianto dan biaya pembangunannya ditanggung oleh pemerintah pusat. Rencananya pembangunan ini diresmikan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada hari ulang tahunnya ke 64.

Jurusan

  • Ilmu Masinis Kereta (D3)
  • Ilmu Masinis Kereta Rel Diesel (D3)
  • Ilmu Teknik Mesin (D3)
  • Ilmu Teknik Mesin Kereta Rel Diesel (D3)
  • Ilmu Pengontrol Kereta Rel Listrik (D3)
  • Ilmu Pengontrol Menara Sinyal (D3)
  • Ilmu Pengukuran Rel (D3)
  • Ilmu Penciptaan Mode Transportasi Kereta Modern (D3)
  • Ilmu Pengoperasian Kereta (D3)
  • Ilmu Pemimpin Perjalanan Kereta Api (D3)
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TEMPO.CO, Madiun - Wali Kota Madiun, Jawa Timur, Bambang Irianto, mengatakan saat ini sedang dibangun Sekolah Tinggi Kereta Api. “Pembangunannya diharapkan sudah selesai tahun 2013,” ujarnya, Kamis, 29 Desember 2011.

Sekolah Tinggi Kereta Api merupakan kerja sama Pemkot Madiun dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. “Sekolah Tinggi Kereta Api ini merupakan yang pertama di Asia,” papar Bambang.

Pendirian Sekolah Tinggi Kereta Api ini sebenarnya sudah lama diwacanakan, namun pembangunannya baru terealisasi tahun 2011.

Selain Sekolah Tinggi Kereta Api, kata Bambang, juga sedang dirintis pembangunan Politeknik Negeri dan diharapkan sudah bisa beroperasi tahun 2012. Politeknik Negeri merupakan pengembangan dari Politeknik Madiun yang didirikan tiga tahun lalu dan kini dikelola Yayasan Perguruan Tinggi Pemkot Madiun (YPTPM).

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler Pemkot Madiun, Edy Hermayanto, menjelaskan pembangunan gedung Sekolah Tinggi Kereta Api sudah dimulai sejak Maret 2011 dengan menggunakan lahan yang disediakan Pemkot Madiun seluas 20 hektare di Kelurahan Manguharjo, Kecamatan Manguharjo. Biaya pembangunannya berasal dari APBN melalui Kementerian Perhubungan. 

Selain bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, pendirian Sekolah Tinggi Kereta Api juga membutuhkan persetujuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “MoU Pemkot dengan Kementerian Perhubungan sudah dilakukan dan nanti Kementerian Perhubungan yang akan melakukan MoU dengan Dikti,” tutur Edy.

Sekolah Tinggi Kereta Api dinilai sangat strategis karena di Madiun terdapat pabrik pembuatan kereta api yang dikelola PT Industri Kereta Api (Inka). 

Adapun Politeknik Negeri juga sudah mendapat sinyal positif dari Direktorat Jenderal Dikti. “Walikota sudah berkordinasi dengan Dikti. Pada prinsipnya disetujui, tinggal menunggu surat keputusannya,” ucapnya.

Pemkot juga sudah berkordinasi dengan YPTPM agar menyerahkan pengelolaan aset Politeknik ke Pemkot. “Lahan yang digunakan untuk Politeknik itu memang lahannya Pemkot, tinggal nanti yayasan menyerahkan ke Pemkot,” jelasnya. 

27 Komentar Informasi Sekolah Tinggi Ilmu Kereta Api

  1. kapan pendaftarannya dibuka?katanya setelah ultah SBY.tapi sampai saat ini blm ada info yang jelas

    ReplyDelete
  2. kapan pendaftarannya dibuka?katanya setelah ultah SBY.tapi sampai saat ini blm ada info yang jelas

    ReplyDelete
  3. mengenai sekolah yang dinanti-natikan utamanya para RF,
    Sekolah Tinggi Ilmu Kereta Api (STIKA) yang berada di Jalan Nambangan Lor, Mangunharjo, Madiun akan membuka pendaftaran bagi Taruna Angkatan 1 pada Tahun 2014 insyallah bulan 3 atau bulan 4, untuk peresmian belum tahu pasti kapan insyaallah antara bulan september-november, dan yang jelas syarat masuk juga belum keluar, tetapi untuk batas usia max 21 tahun

    jika kurang lengkap info diatas bisa langsung menuju ke TKP, minta izin saja ke pihak security untuk cari info mengenai pendaftaran nanti akan ditunjukkan langsung untuk mengarah ke pihak SDM dari Dishub KAI

    sekian info dari saya

    #CMIIW
    fotonya : https://www.facebook.com/knightAdhit/media_set?set=a.658639140820624.1073741833.100000236333200&type=3

    ReplyDelete
  4. assalamu'alaykum.wr.wb.
    kak syarat dalam pendaftaranya apa aja?
    tolong balas.
    syukron

    ReplyDelete
  5. assalamu'alaykum.wr.wb.
    kak syarat dalam pendaftaranya apa aja?
    tolong balas.
    syukron

    ReplyDelete
  6. persyaratannya apa saja ? saya murid kelas 2 sma , dan ingin berencana meneruskan ke sekolah tinggi ini,. mohon berikan penjelasan lebih rinci

    ReplyDelete
  7. naaah kebetulan kmren sya bru dpt info dri tmen komunitas railfans dri madiun, STIKA udh d resmikan oleh anggota DPR RI, trs kata ibuku jg udh d resmikan smpt msk koran kok, kayaknya jawa pos ntah hari ap saya lupa, insyaalah saya oktober pertengahan mau ke madiun lagi tanya persyaratan dan administrasi lainnya.....

    ReplyDelete
  8. Tujuan dibentuknya sekolah ini untuk apa ya? apakah ini sekolah KEDINASAN ?

    ReplyDelete
  9. itu wewenang perhubungan bos... jangan tanya ke KAI. dishub ya dishub, KAI ya KAI. gak ada dishub KAI itu

    ReplyDelete
  10. Ada webnya kah? Pengen ke tkp tapi saya di jkt=_=

    ReplyDelete
  11. mungkin yg dimaksud dishub dirjen perkeretaapian.. karena dishub kan luas... info pendaftaran belum ada, website resmi juga belum ada.. menurut ingo sekitar bulan 3/4 baru ada pengumunannya..

    ReplyDelete
  12. kapan pendaftaran pt kai di buka untuk pelajar

    ReplyDelete
  13. ohhh jadi kita baru tau persyaratan masuk'a baru sekitar bulan sept-okt nihhh
    pko'a kabar kabar ajaaa yaaaa

    ReplyDelete
  14. untuk lulusan smk adm.perkantoran bisa gak si ??? saya minat banget ke STIKA

    ReplyDelete
  15. ass. mau tanya ,pendaftarannya september bener atau tdak ? tolong info nya

    ReplyDelete
  16. kak, lulusan tahun 2016 kira-kira masih bisa mendaftar gak ya? kapan buka pendaftaraan kak? tolong direspon ya. thanks :)

    ReplyDelete
  17. Ini sekolah bener apa nggak sih:( jgn php dong:')

    ReplyDelete
  18. ikatan dinas atau tidak?

    ReplyDelete
  19. Lulusan 2017 bisa nggak nih? Pingin ngelanjutin disini? Syaratnya apa aja?

    ReplyDelete
  20. Lulusan 2017 bisa nggak? Terus syaratnya apa aja?

    ReplyDelete

Back To Top